Home > Bigwig, Edisi 16, Juli 2010 > Al Khwarizmi

Al Khwarizmi

Muhammad Musa Al Khwarizmi lahir di Khwarizm (Uzbekistan) dikenal sebagai Bapak Aljabar. Buku pertamanya berjudul al-Kitab al-mukhtasar fi hisab al-jabr wa’l-muqabala ditulis pada tahun 830. Buku ini dianggap sebagai naskah dasar dari aljabar modern. Buku ini menyajikan penyelesaian yang sempurna untuk persamaan polinomial hingga pangkat dua. Beliau memperkenalkan metode ‘pengurangan’ dan ‘keseimbangan’ dalam penyelesaian persamaan linear dan persamaan kuadrat.

Karya Al Khwarizmi dalam aritmetika menjadi sumber dalam mengenalkan angka Arab, berdasar sistem angka Hindu-Arab. Istilah “algoritma” diperoleh dari “algorism” , teknik aritmetika dengan angka Hindu-Arab yang dikembangkan oleh Al-Khwarizmi.

Dalam trigonometri, Al Khwarizmi membuat tabel fungsi trigonometri sinus dan kosinus, di samping juga membuat tabel pertama untuk tangen.  Beliau juga termasuk pelopor awal ‘spherical trigonometry’ (trigonometri bola).

Selain sumbangsihnya di bidang matematika, beliau juga banyak memberi peran dalam bidang astronomi, astrologi, dan geografi, (tt)

Sumber:http://en.wikipedia.org/wiki/ Muhammad_ibn_Mūsā_al-Khwārizmī.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a comment