Home > Edisi 16, Juli 2010, Math Life > Mikrofon Parabola

Mikrofon Parabola

Mikrofon Parabola adalah mikrofon yang menggunakan sebuah pemantul (reflektor) parabola untuk mengumpulkan dan memfokuskan gelombang suara mengarah ke (alat) penerima, persis seperti antena parabola hanya saja dengan gelombang radio.

Mikrofon  parabola yang dapat menangkap suara dari jarak beberapa meter ini, memiliki beberapa kegunaan antara lain dalam pencatatan alam, audio lapangan untuk penyiaran olah raga, penyadapan, pelaksanaan hukum, dan spionase.

Mikrofon-mikrofon parabola umumnya tidak digunakan untuk aplikasi pencatatan standar (ilmiah) karena alat-alat tersebut cenderung mempunyai respon (penerimaan) frekuensi yang rendah sebagaimana konsekuensi dari desain bentuknya.  Hal ini merupakan hasil langsung dari hukum fisika tentang pengendalian gelombang suara.

Parabola hanya memfokuskan gelombang-gelombang dengan panjang gelombang yang lebih kecil dari diameternya.  Karena gelombang suara berjalan pada kecepatan 342 m/s di udara (kecepatan suara), untuk memperoleh suara berketelitian tinggi (paling rendah 20 Hz, batas bawah pendengaran manusia) memerlukan sebuah parabola dengan ukuran diameter lebih dari 17 meter yaitu 342 m/s ÷ 20 Hz.  Kebanyakan mikrofon parabola mengorbankan ketelitiannya (ketelitian rendah) untuk mendapatkan keterjangkauan ukuran. (spn)

Sumber: en.wikipedia.org/wiki/Parabolic_microphone

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: