Home > Classroom, Edisi 12, Januari 2010 > Kreativitas dalam Pembelajaran Matematika

Kreativitas dalam Pembelajaran Matematika

Menurut Hartweg Meissner setidaknya dibutuhkan tiga komponen penting agar suatu pembelajaran matematika dapat meningkatkan kreativitas:

  1. Tingkatkan sikap-sikap positif, seperti motivasi, keingintahuan, kepercayaan diri, fleksibilitas, rasa humor, imajinasi, keterbukaan, demokratis, dll.
  2. Berikan masalah-masalah yang menantang. Masalah-masalah yang provokatif, menarik, penting, sesuai dengan pengalaman hidup siswa, terbuka dengan berbagai cara/pendekatan, dan dapat dicoba-coba.
  3. Berikan ruang untuk ide-ide spontan dan pemikiran yang intuitif.  (smd)

Sumber:
Hartweg Meissner. Creativity and Mathematics Education, Jerman: Westf. Wilhelm University.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: