Phi (φ)

Kita tentu sudah mengenal konstanta Pi yang lambangnya π dan nilainya 3,141….  Kita juga sudah mengenal bilangan basis logaritma natural yang lambangnya e dan nilainya 2,718…..  Akan tetapi, apakah kita sudah mengenal bilangan Perbandingan Emas (Golden Ratio) Phi yang lambangnya φ dan nilai nya 1,618….?  Jika belum kenal, semoga tulisan ini dapat memperkenalkannya kepada anda.

φ adalah bilangan yang sangat spesial dan sangat penting, bahkan mungkin lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari kita dibanding π.  Phi secara alami teraplikasi pada berbagai bentuk kehidupan yang bermacam-macam.  Mari kita perhatikan beberapa contoh berikut:

  1. Dari gambar disamping ini dapat diketahui bahwa perbandingan panjang dan lebar pada tekukan jari telunjuk manusia adalah 1 : 1,618
  2. Jumlah batang pohon dari bawah ke atas membentuk deret Fibonacci, dimana untuk nilai n yang semakin besar maka perbadingan antara n : n-1 mendekati 1,618
  3. Posisi Ka’bah di kota mekah adalah 21,7160 LU, yang berarti Busur dari Ka’bah ke titik Selatan sebesar 111,70 dan Busur dari Ka’bah ke titik Utara sebesar 68,20.  Perbandingan antara keduanya adalah sebesar 1.618.

Nilai φ yang lain ada pada muka, gigi dan temperatur tubuh manusia, kerang, kupu-kupu, lumba-lumba, spiral keong, bunga matahari, mata nanas, segi lima, segitiga Pascal, DNA, spektrum warna, skala tangga nada, pertumbuhan populasi, dan banyak lagi yang lainnya, sehingga secara umum nilai φ dikenal sebagai simbol harmoni dan keindahan pada alam dan kehidupan. (Spn)

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: