Home > Bigwig, Edisi 2, Oktober 2008 > Henry Ernes Dudeney (1857-1930)

Henry Ernes Dudeney (1857-1930)

Ia berasal dari Inggris,  merupakan salah satu tokoh matematika rekreasi. Salah satu teka-teki darinya dikenal sebagai ‘haberdasher’s problem’ yaitu bagaimana memotong sebuah segitiga sama sisi menjadi empat potongan yang dapat disusun kembali membentuk sebuah persegi. Ia menyelesaikan teka-teki ini dengan membuat model yang dapat digantung.

Karya buku teka-teki yang terkenal dari Dudeney antara lain: the Canterbury Puzzles(1907), Amusement in Mathematics (1917), dan Modern Puzzles (1926) yang banyak memuat contoh-contoh yang dapat digunakan guru untuk membuat alat peraga. Setelah ia meninggal, masih ada karyanya yang diedit dan dipublikasi oleh istrinya, antara lain Puzzles and Curious Problems (1931) dan A Puzzle Mine. Salah satu teka-teki geometris dari Duneney: Joiner’s problem. Diberikan sebarang persegi dan segitiga samakaki siku-siku. Tujuan menggabung kedua bangun itu membentuk persegi yang lebih besar. Cara yang diperbolehkan adalah hanya cara pemotongan. Berikut gambar solusi dari Dudeney.

  1. November 15, 2012 at 6:18 am

    Temuan ini akan menambah bukti bukti untuk menguak migrasi nenek moyang manusia modern ke Asia Timur yang masih penuh teka teki.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: